November 18, 2010

Film-film karya Roman Polanski akan diputar di Bentara Budaya Bali

Posted in Tak Berkategori pada 4:23 pm oleh Komunitas Sahaja

Kawan-kawan, bulan ini, untuk ke sepuluh kalinya, Bentara Budaya Bali dan Komunitas Sahaja kembali menggelar pemutaran film. Adapun film yang akan ditayangkan pada tanggal 26 dan 27 November 2010 ini adalah karya Roman Polanski. Karya-karyanya meraih banyak penghargaan di antaranya 1992 Laurence Olivier Award for Best New Play 1992 Laurence Olivier Award untuk Best New Play dan Palme d’Or di Festival Film Cannes.

Siapakah Roman Polanski? Berikut sedikit cuplikan tentang kisah hidup sang sutradara itu.

Jika sampai Roman Polanski ikut terbunuh di ghetto atau kamp konsentrasi Nazi, seperti halnya ibunya yang tewas di Auschwitz, dunia perfilman internasional akan kehilangan salah satu sutradara terbaik yang pernah ada di dunia. Dengan pendekatannya yang kelam dan muram, bahkan nihilistik dalam bertutur, Roman Polanski telah menorehkan tanda yang tak terhapuskan dalam perfilman dunia. Film-filmnya memang sempat dibandingkan dengan film-film thriller Alfred Hitchcock, namun Polanski justru lebih kaya karena ia bereksperimen  dengan aneka genre film. Tak berlebihan jika Polanski memandang dirinya sendiri sebagai “playboy sinema”. Dalam kehidupan nyata, ia kebetulan juga dikenal sebagai pria yang amat menggemari kecantikan perempuan.

Roman Polanski, lahir di Paris pada 18 Agustus 1933 dari pasangan Yahudi Polandia dan imigran Rusia. Ketika ia berusia tiga tahun, keluarganya pindah ke kota Krakow, Polandia. Celakanya, Jerman menginvasi kota itu pada tahun 1940. Setelah dikurung dalam ghetto, keluarganya  pun kemudian dideportasi ke kamp konsentrasi. Untunglah, bocah Polanski berhasil dibantu ayahnya untuk melarikan diri, dan diselamatkan oleh keluarga-keluarga Katolik. Pada periode inilah Polanski mulai tergila-gila pada film. Ia sering mencari perlindungan di gedung-gedung bioskop, yang seolah merupakan tempatnya berlindung dari kekejian dunia luar.

Polanski sempat dibawa pulang ke Krakow oleh ayahnya yang menikah lagi, sepeninggal ibunya yang terbunuh di kamp konsentrasi Auschwitz yang terkenal paling banyak memusnahkan warga Yahudi. Polanski remaja kemudian meninggalkan rumah, namun kendati ia masih harus mengatasi kecamuk kepribadian, ia tetap memupuk kecintaannya pada film. Cuma sempat setahun masuk di sekolah teknik, tahun 1950 Polanski masuk ke sekolah film. Tahun 1954 ia untuk pertama kali bermain di film arahan Andrze Wajda. Tahun itu juga ia terpilih masuk mengikuti pendidikan sutradara di sekolah film nasional di Lodz yang amat bergengsi. Setelah lulus tahun 1961, tahun berikutnya Polanski membuat film cerita pertamanya, Knife in the Water (94 menit), sebuah drama psikologis dan satu-satunya film panjang yang dibuatnya di Polandia.

Film tersebut dan tiga film menarik lainnya yakni The Tenant, Death and the Maiden, dan The Pianist bisa teman-teman saksikan pada pemutaran film kali ini. Di samping itu, akan hadir pula Madya Padma SMA N 3 Denpasar, young filmmaker, yang akan berbagi informasi kepada kita semua tentang pengalaman-pengaman mereka selama menggeluti dunia perfilman, khususnya film dokumenter. Akan hadir juga Bapak Adnyana, penggiat film, yang akan bercerita tentang proses kreatif pembuatan film.

Penasaran dengan film-film karya Roman Polanski? Ingin tahu kreatifitas anak-anak Madya Padma? Mau tahu tentang proses kreatif pembuatan film? Silakan datang dan ajak teman-teman lainnya ke Bentara Budaya pada jumat dan sabtu mendatang.

Sampai berjumpa…

Salam,

Komunitas Sahaja

CP :

081 916 286 199

081 805 470 801

Jadwal Pemutaran Film :

Jumat, 26 November 2010

16.30   : Knife in the Water

18.30   : The Tenant

Sabtu, 27 November 2010

16.30   : Death and the Maiden

18.30   : The Pianist

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: